Jumat, 23 Maret 2012

VERTEBRAE ( tulang belakang / spine )

Collumna vertebrae adalah pilar mobile melengkung yang kuat menahan tengkorak, rongga thorax, anggota gerak atas, membagi berat badan ke anggota gerak bawah , dan melindungi medula spinalis.
Collumna terdiri dari beberapa tulang vertebrae, yang dihubungkan oleh diskus intervertebralis dan beberapa ligamen. Masing-masing vertebra dibentuk oleh tulang spongiosa yang diisi oleh sum-sum merah dan ditutupi oleh selaput tipis tulang kompakta.
Tulang-tulang collumna vertebrae ada 6 bagian :
1. 7 ruas vertebrae cervical
2. 12 ruas vertebrae thoraxal
3. 5 ruas vertebrae lumbales
4. sacrum
5. coccygis

kekhasan vertebrae dan persendiannya

Korpus : lempeng tulang yang tebal, dengan permukaan yang agak melengkung di atas dan bawah.

Bagian-bagian vertebrae :
a. pedicle
b. facet joint
c. processus tranversus
d. processus spinosus
e. canalis spinalis


Segment of Jughan

1. tulang bagian depan sebagai corpus dan bagian belakang arcus
2. intervertebral disc dari C2-3 hingga L5-S1 makin ke kaudal makin tebal, secara histologis tersusun atas nukleus pulposus yang merupakan cairan kental, dan anulus fibrosus yang merupakan lembaran-lembaran jaringan ikat fibrocartilage yang melindungi nukleus pulposus.
3. Facet joint : terbentuk dari facies articularis inferior pada vertebra atas dan facies superior dari vertebra bawahnya. merupakan sendi datar dengan gerak utama gerak geser (glide) tetapi juga menekuk (tilt).
4. forament intervertebralis terbentuk dari dinding depan discus, atas dan bawah arcus vertebralis , serta bagian belakang articular procceses.
5. costo vertebral / costo transversal pada daerah thoracalis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar